Minggu, 03 Juli 2011

KISI-KISI HUKUM DAGANG

Dengan ini saya sampaikan kisi-kisi ujian akhir semester (UAS). Ada 12 butir soal yang saya kirimkan dalam email ini. Cermati dan pahami baik-baik. Saya akan mengeluarkan 4 soal saja dalam ujian besok diantara 12 soal yang saya kirimkan.

Oleh karena itu pelajari dan persiapkan ujian dengan sebaik-baiknya. Sifat ujian CLOSE BOOK.

Sehingga diharapkan tidak ada lagi mahasiswa yang mendapatkan nilai yang tidak memuaskan.

Tolong disebarluaskan ke teman-teman yang lain.

Terima kasih,

Dosen pengampu,


Faisal Luqman Hakim, SH., M.Hum



Kisi-kisi
1. Apakah yang dimaksud dengan bentuk usaha perseorangan? Dan apa kelebihan dari bentuk usaha perseorangan ini? Jelaskan disertai contoh!
2. Di dalam persekutuan perdata (maatschap), adanya akta bukan merupakan solemnitas causa tetapi sebagai probationis causa. Apa yang menyebabkan masyarakat sekarang ini dalam mendirikan suatu maatschap lebih cenderung untuk menuangkannya di dalam suatu akta pendirian?
3. Apa yang saudara pahami mengenai bentuk usaha bukan berbadan hukum? Jelaskan dengan disertai contoh!
4. Jelaskan perbedaan antara Venootschap onder Firma dengan Commanditaire Venootschap!
5. Sebutkan dan jelaskan macam-macam bentuk usaha berbadan hukum! Apa perbedaan diantara ketiganya, jika ditinjau dari aspek tujuan, pendirian, dan permodalan?
6. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terdiri atas Persero dan Perum. Jelaskan perbedaan mendasar diantara keduanya dan sertakan contohnya masing-masing 3 (tiga) saja.
7. Pengembangan perusahaan dapat dilakukan dengan akuisisi, merger, dan konsolidasi. Jelaskanlah mengenai akuisisi, merger dan konsolidasi. Jelaskan perbedaan ketiganya ditinjau dari akibat yang ditimbulkannya. Sertakan masing-masing contohnya minimal 2 (dua) saja
8. Jelaskan mengenai Franchise dan Leasing. Sebutkan dan jelaskan pihak-pihak yang terkait dengan Franchise dan Leasing!
9. Jelaskan yang dimaksud dengan saham serta obligasi. Apa perbedaan antara saham dan obligasi? Menurut saudara lebih menguntungkan mana antara saham dan obligasi jika dilihat dari aspek perusahaan? Jelaskan jawaban saudara!
10. Apa yang dimaksud dengan cek serta wesel? Jelaskan perbedaan antara cek dan wesel? Apa syarat-syarat yang harus ada dalam suatu cek?
11. Apa yang dimaksud dengan promes? Syarat apa saja yang harus ada dalam promes?
12. Letter of Credit (L/C)adalah suatu cara pembayaran dalam perdagangan Internasional. Apa yang saudara ketahui tentang L/C?

kalo udah tahu,, sebarin ke teman2 yg lain..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar